Comp Error?

 Saturday, July 31, 2004

Bangun pagi-pagi gara-gara dibangunin temen, ternyata komputernya rusak, gak bisa masuk OS Windows ME. Akhirnya setelah mandi gue langsung menuju rumah temen gue ini... gue siapin installer Windows 98 sama disket booting. Sampai sana pasang-pasang kabel mouse, keyboard dan akhirnya dinyalakan.

BIOS OK, tapi begitu muncul logo Windows Me, ternyata gak masuk-masuk temen gue bilang dia pernah udah 1 jam nunggu tapi gak masuk-masuk. Bingung gue apa nih masalahnya... akhirnya gue booting via DOS pake disket. Bisa masuk hanya saja gue gak tau masalahnya... analisa pertama gue ini pasti ada file OS yang corrupt atau error lah. terus gue coba browse ke direktori OS di C:\Windows. Gue iseng liat ternyata banyak file berekstensi *.tmp. Penasaran ah gue coba jalanin perintah DEL *.tmp, dan hasilnya sudah lebih 15 menit menunggu kok masih memproses gak ada tanda-tanda bahwa file sudah terhapus... gue tanya sama yang punya rumah "pernah gak komputernya dimatiin gak lewat prosedur shoutdown?" dan katanya sih mungkin aja, soalnya adiknya pernah buru-buru matiin komputer langsung pake tombol power saja, kebetulan motherboard komputer ini juga yang jaman-jaman sebelum suport auto shutdown kalo diteken tombol power... ya udah gue ambil kesimpulan bahwa kemungkinan hardisknya ada yang rusak mungkin bad sector? soalnya dulu pernah HD gue kena bad sector, bisa booting tapi jadi lelet masuk ke dalam windows, dan setelah di cek ternyata bad sector dibagian awal-awal hardisk...

Kebetulan dia masih punya CPU jebot prosesor 486 (ya 486!!), yang sebenernya sih masih berfungsi bermerek lagi Acer. Di coba booting komputer ini, ternyata seperti yang dibilang temen gue kira-kira gak ke detect lah os, suruh insert floopy boot. Gue coba masukin disket boot, konyol... ternyata floopy-nya gak mau masuk... ya udah gak bisa lah gue booting via disket. Gue coba otak-atik BIOS-nya gue gak terlalu ngerti nih sama BIOS komputer 486, di situ ditulis "Fixed Disk" setingannya "Auto" tapi ternyata gak kedetect HD-nya akhirnya gue set aja manual ternyata lebih gak bisa... ya sudah gue berkesimpulan HD-nya rusak juga atau BIOS-nya yang jebol, Floopy Disk juga udah jelas rusak... so datengnya gue ke tempat temen ternyata gak bisa memberikan solusi :( well apa mau dikata... susah juga ternyata... makanya gue paling males deh kalo disuruh-suruh jadi "SUPPORT SYSTEM" nanganin trouble shooting yang gak jelas juntrungannya terlebih kalo penggunanya-pengguna awam komputer. Gue lebih baik di suruh jadi Programmer dah daripada suruh jadi "Support System".... (rumit choy kalo belom terbiasa)


Sore-sore stelah kejadian pagi-siang berselang, gue mainin game... dan rekor!!! Untuk pertama kalinya gue bisa menamatkan suatu game.... hehehe, seumur hidup kalo main game gue gak pernah namatin sih... :D *norak dah*

0 Comments: