Donor Darah Sabtu

 Saturday, May 29, 2004

Setelah sebulan yang lalu gue mau donor darah ditolak akhirnya sabtu ini jadi juga gue berdonor darah. Dulu waktu ditolak sama orang PMI gara-garanya terakhir gue donor bulan Februari, nah pas bulan April itu berarti kan baru dua bulan jedanya, padahal kalo mau donor itu paling gak tiga bulan setelah donor terakhir. Padahal waktu itu tangan gue udah ditusuk sama jarum untuk tahu banyaknya Hb gue layak/tidak.

Sebulan yang lalu bahkan gue sempet nimbang berat badang -- maklum di rumah gak punya timbangan :) -- berat gue waktu itu sekitar 67kg, nah wakt pas sabtu ini berat badan gue udah 69kg wahhh tambah berat aja nih badan gue :( padahal enam tahun yang lalu waktu pas gue pertama kali kuliah berat badan gue sekitar 55kg, sekitar setahun yang lalu waktu pas gue bikin SIM berat badan gue udah 60kg... kalo liat foto gue dulu kayaknya gue kurus banget beda dengan sekarang dimana perut gue dipenuhi oleh lemak... maklum jarang olah raga...

Setelah beres tes kadar Hb dan berat badan akhirnya gue dipersilahkan untuk mendonorkan darah. Pas ditanya mau pake tangan kiri apa kanan, gue pilih kiri aja... soalnya menurut gue tangan kiri jarang dipake kerja jadi kalo habis donor gak terasa sakit kalo gue beraktifitas...

Setelah diukur tensinya, tekanan darah gue kalo gak salah 120 katanya sih normal padahal pas malemnya gue tidur jam 1/2 2 pagi. Setelah itu tangan gue diolesin betadine dan alkohol 70%, dibersihin dan akhirnya tangan gue siap untuk ditusuk oleh jarum donor.

Kantong jarum ini sebelum ditusuk di buat simpul (inget simpul-simpul tali waktu pas pramuka?) nah simpul yang ini gue gak tau jenisnya apa.. cuma yang jelas... kenapa pake simpul soalnya nantinya waktu kantong darahnya sudah penuh, untuk aliran darah dari tangan ke kantong cukup dengan menarik simpul ini sehingga darah dari tangan donor tidak bisa mengalir lagi ke dalam kantong.

Waktu pas jarum donor di tusuk ke bagian tangan (biasanya sih dibagian persendian tangan) tangan bagian atas biasanya di tahan dengan sesuatu (duh apa ya namanya? pokoknya yang pake kompaan itu lho yang persis kayak buat ngukur tekanan darah). Mengapa bagian atas tangan di tahan dengan alat ini, supaya aliran darah dari tangan bagian atas mengalir cepat ke bawah yang pada akhirnya akan menyebabkan kantong darah lebih cepat terisi, cuma kalo terlalu tekan bisa bisa tangan bagian bawah dan jari bisa terasa keram soalnya darahnya sempat gak ngalir ke tangan bagian bawah dan jari-jari tangan.

Pas kantong darah udah penuh... ya itu tadi simpul yang sebelumnya dibuat ditarik supaya aliran darah dari tangan gue ke kantong terhenti. Setelah aliran darah terhenti saluran darah yang deket dengan jarum donor di potong nah sisa darah ini di simpan di dalam botol, nah dari botol ini nanti darah para donor bakal diperiksa sehat dan layak atau tidak untuk diberikan kepada pasien yang membutuhkannya.

Selama gue nunggu kantong donor darah penuh, gue sempet diajakin ngobrol sama petugasnya, bahwa kadang orang mengeluh kenapa kalo mau pake darah harus bayar, dia cerita bahwa memang darah itu gratis tapi darah yang diberikan donor ini harus diteliti agar aman digunakan oleh pasien, nah biaya penelitian dan lain-lain ini tidak akan mencukupi jika mengandalkan bantuan dari pemerintah, oleh karenanya setiap pasien yang membutuhkannya akan ditarik biaya. Memang masuk akal juga, coba harga kantong donor + jarum donornya juga sekali pakai dan mahal, belum biaya penyimpanan, biaya antar/transportasi dll ya... begitulah mengapa para pasien harus membayar darah...
Mungkin kalo pemerintah sudah super kaya, biaya tadi ditanggung pemerintah sehingga pasien gak perlu bayar lagi kalo butuh darah...

Dan buat anda-anda yang belum pernah mendonorkan darah, coba deh mendonorkan darah anda karena darah itu sangat diperlukan buat pasien-pasiennya. Sebagai gambaran setiap harinya PMI (di Kota Bogor) membutuhkan kurang lebih 40 kantong darah, sedangkan setiap harinya di PMI tidak lebih dari 10 orang yang menyumbangkan darahnya. Untuk menutupinya biasanya PMI meminta bantuan instansi-instansi pemerintah/TNI untuk menyumbangkan darah agar suplai kebutuhan darah itu tercukupi... Jangan khawatir mendonorkan sebagian darah anda (+- 300cc) tidak akan membuat anda mati :), kalo gak salah yang boleh mendonorkan darah itu minimal harus memiliki berat badan diatas 40kg

0 Comments: