Skyscraper, Art Deco & Selera Oldies

 Tuesday, April 20, 2004

Kemarin malem nonton DVD yang belum sempet di tonton: Sleepless in Seattle, ceritanya lumayan (jika tidak bisa dikatakan standar aja). Oke gue bukan mau ngomongin ceritanya tapi ngomongin Empire State Building (ESB) yang ada di dalam cerita itu. Setelah nonton, gue coba maen SimCity 4 Rush Hour, gue bandingin banyaknya blok dan tinggi ESB dengan gedung-gedung yang ada di game gue, ternyata tinggi dan makan tempat jauh :D.

Tertarik dengan gedung-gedung yang tinggi, akhirnya hari ini gue coba cari di google dengan kata kunci "skyscraper in the world".
Dari google gue temuin beberapa skyscraper (pencakar langit) di situs pbs. Disamping itu dari situs pbs juga bisa di liat berbagai jembatan, terowongan, bendungan, dan dome (kubah?).

Kalo ngeliat gambar itu kadang gue kepikiran mungkin gak ya gue beralih kerjaan jadi arsitek (ngelindur lagi nih gue), ya tapi emang gue suka banget nih baca yang gini-gini, kemarin pas ke glodok sebenernya gue pengen cari DVD discovery channel (spell?) ternyata gak ada... sayang di TPI udah gak ada lagi discovery channel, TV cable belum masuk ke Bogor dan belum kuat bayarnya :p.

Yang menarik dari gedung-gedung itu adalah gaya arsitekturnya, kebanyakan adalah gaya tahun 30-an dimana kebanyakan gedung bergaya art deco. Termasuk juga Chrysler Building yang menurut orang sebagai gedung dengan hiasan art deco terbanyak di dunia, top deh. Jadi inget kalo tahun 30-an juga musik-musik jazz (swing/big band) merupakan musik populer.

Kata temen gue, gue ini salah lahir soalnya selera gue rada-rada oldies (terutama musik) tapi di pikir-pikir bener juga sih gue suka musik-musik dari jaman jazz (swing/big band, cool, bebop, fusion) sampai classic rock, ternyata sekarang gue juga seneng liat gedung-gedung bergaya lama. Selain suka gaya lama seperti art deco gue juga suka tuh kalo liat arsitektur gedung bergaya mediterania, romawi atau baroque. Kalo gue perhatiin beberapa gedung di Indonesia juga ada yang bergaya art deco. Di bogor kalo gak salah di jalan merdeka ke arah jembatan merah, di sebelah kiri jalan, gue kok nebaknya itu bergaya art deco (gedung yang belum di tambah-tambahin lhoo) bener gak ya...? kalo di Jakarta di mana ya gue bisa liat gedung bergaya art deco?

0 Comments: